Rakornas KI Se-Indonesia di Makassar 16 Nopember 2017

Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Komisi Informasi (KI) Pusat membentuk Steering Committee (SC) untuk memudahkan persiapan menuju Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) KI se-Indonesia yang akan digelar pada 16 hingga 18 Nopember 2017 di Kota Makassar. Keputusan pembentukan SC dan penetapan tanggal pelaksanaan Rakornas dilakukan pada rapat pleno pertama Rakenis KI se-Indonesia yang digelar KI Pusat di Hotel Salak Tower Bogor pada Kamis (28/9) malam.

Pelaksanaan Rakernis diawali dengan laporan panitia yang sampaikan Kepala Bagian APPS KI Pusat Hafida Riana kemudian dilakukan pembukaan oleh Komisioner KI Pusat Abdulhamid Dipopramono dilanjutkan dengan paparan dan memimpin rapat pleno bersama Komisioner H Rumadi Ahmad dan Henny S Widyaningsih diikuti seluruh peserta Rakernis dari KI se-Indonesia.

Dalam laporannya, Hafida mengatakan setelah tujuh tahun pelaksanaan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2010 seharusnya dapat memperkuat kebijakan Negara. “Rakernis diikuti oleh duapuluh sembilan komisi informasi provinsi, empat komisi informasi kabupaten dan satu komisi informasi kota,” katanya menjelaskan.

Disampaikan bahwa ada sebanyak 90 orang yang mengikuti Rakernis kali ini yang akan digelar selama tiga hari. Rakenis mengusung tema “7 Tahun berlakunya UU KIP mendukung kebijakan negara” dimaksudkan untuk memperkuat peran keterbukaan informasi publik terhadap pengambilan kebijakan publik.

Pada pleno pertama itu Rakernis menetapkan 10 KI Provinsi sebagai SC masing-masing NTB, Kepri, Jateng, DIY, Jabar, Aceh, Sumsel, Papua, Sulsel, dan KI Kaltim. Tim SC ini akan bekerja untuk merumuskan semua kebijakan yang akan dibawa ke Rakornas KI se-Indonesia, tim SC tetap dipandu oleh tiga Komisioner KI Pusat  Abdulhamid, Rumadi, dan Henny sehingga timnya menjadi tim 13 atas permintaan peserta Rakernis.

Peserta Rakernis kali ini dibagi dalam tiga kelompok untuk membahas tiga isu yang selalu dibawakan setiap Rakernis, yaitu isu ASE (Advokasi, Sosialisasi, dan Edukasi), Kelembagaan, dan Penyelesaian Sengketa Informasi (PSI). Diputuskan juga selama Rakernis berlangsung maka tim SC juga melaksanakan persidangannya tersendiri sehingga dapat dilaksanakan secara simultan.

Sementara itu, tuan rumah Rakornas 2017 KI Sulsel menyampaikan bahwa berdasarkan jadwal yang telah disusun maka pelaksanaan Rakornas di Kota Makassar nanti akan dilaksanakan pada 16, 17, dan 18 Nopember 2017. Bersamaan dengan itu, KI NTB juga menyampaikan presentasinya mengenai kegiatan kolosal keterbukaan informasi publik yang dikemas dalam acara Desa Benderang Informasi Publik di Mataram pada 26 Nopember 2017 yang akan diikuti 10.000 Desa dan dihadiri tiga menteri bersama Presiden Joko Widodo.

Sumber: 
Komisi Informasi Pusat

Berita Lainnya

19 Oct 2017 | Gorganews.com

28 Sep 2017 | Komisi Informasi...

28 Sep 2017 | Komisi Informasi...