Wagub Pimpin Rapat Persiapan IMT-GT Tahun 2017

Pangkalpinang – Pemantapan persiapan pelaksanaan The Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) terus dilakukan oleh pemerintah daerah. Di ruang pertemuan Pasir Padi Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Wakil Gubernur Abdul Fatah memimpin rapat persiapan IMT – GT Tahun 2017 dengan jajaran Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, perwakilan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan stakeholder terkait diantaranya Universitas Bangka Belitung, HIPMI dan Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung , Jum’at (15/09/2017). Tujuan pertemuan ini adalah mensinergiskan persiapan pelaksanan IMT-GT yang akan berlangsung dari tanggal 26 s.d 29 September 2017.

Plh. Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, K.A Tajuddin menyatakan bahwa pertemuan ini adalah untuk memantapkan tugas antara pusat dan daerah. “Pertemuan ini lebih difokuskan untuk memantapkan hal-hal yang perlu dipersiapkan pemerintah daerah dan pusat, namun lebih ditujukan untuk membahas apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab panitia daerah,” ungkap Tajuddin.

Menurut Tajuddin, pengarahan teknis terkait persiapan keamanan, delegasi yang akan hadir, akomodasi dan transportasi, rencana site visit untuk para tamu delegasi negara Thailand dan Malaysia, persiapan bahan working group, undangan bagi para peserta pertemuan IMT-GT serta kegiatan publikasi merupakan beberapa pokok pembahasan dalam pertemuan tersebut.

“Terkait tamu delegasi yang akan hadir, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah meminta kepada Kementerian Koorodinator Perekonomian terkait jumlah tamu dari delegasi luar yang dipastikan akan hadir. Hal ini terkait dengan persiapan pengamanan serta akomodasi yang harus dipersiapkan daerah,” tegas Tajuddin.

Lebih jauh Tajuddin juga mengungkapkan bahwa selain pertemuan Pemerintah dengan Pemerintah (G2G) terdapat agenda pertemuan lain, yaitu Pemerintah dengan Pengusaha (G2B) maupun pertemuan Business-to-Business  guna mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya di wilayah Sumatera.

“Implikasi positif bagi Bangka Belitung tentunya menjadi sarana bagi daerah untuk memperkenalkan Bangka Belitung ke negara-negara luar. Kedua melalui even ini merupakan kesempatan bagi Bangka Belitung untuk menjalin kerjasama baik dalam dunia pariwisata, budaya daerah dan sekaligus mempromosikan potensi hasil-hasil usaha kecil dan menengah (UMKM) yang diproduksi oleh masyarakat Bangka Belitung,” jelas Tajuddin.

Sementara itu, terkait jadwal dan agenda pertemuan yang akan berlangsung dalam pertemuan IMT-GT, Kepala Seksi Kerjasama Sub Regional Deputi Kerjasama Internasional Kemenko Perekonomian RI, Fatimah menjabarkan terdapat beberapa agenda pertemua, antaralain :

1. Tanggal 25 September 2017 dengan acara IMT-GT UNINET Meeting yakni Forum Rektor antara Universitas se-Sumatera dengan Universitas dari negara Malaysia dan Thailand.

2. Tanggal 26 September 2017 memiliki dua agenda mencakup :

  1. Pertemuan G2G dengan agenda National Secretariat Meeting antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Malaysia dan Thailand dengan agenda persiapan bahan pertemuan tiga menteri.
  2. Agenda G2B pertemuan pemerintah dengan dunia bisnis melalui pertemuan IMT –GT Joint Business Council dengan agenda pertemuan antara pemerintah dengan pelaku usaha dari tiga negara dan antar pelaku usaha dari tiga negara.

3. Tanggal 27 September 2017 Pertemuan G2G antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Malaysia dan Thailand dengan agenda utama evaluasi atas perkembangan atas kerjasama yang terjalin dalam IMT-GT.

4. Tanggal 28 September 2017 Pertemuan G2G yakni pertemuan antara Pemerintah Daerah, yaitu para Gubernur se-Sumatera dengan delegasi Pemerintah Malaysia dan Thailand. Pada tanggal yang sama juga akan dilaksanakan pertemuan internal antara TPID (Tim Pengendali Inflansi Daerah) wilayah Sumatera dengan Kemenko Perekonomian dan Kementerian Dalam Negeri dan Retreat Meeting bagi tamu delegasi dua negara.

5. Tanggal 29 September 2017 puncak acara kegiatan IMT –GT dengan agenda pertemuan dan sekaligus penandatanganan kerjasama menteri dari ketiga negara tersebut..

Terkait dengan pelaksanaan working group pertemuan Gubernur se-Sumatera dengan Pemerintah Malaysia dan Thailand, Plt. Kepala Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Ir. Budiman Ginting menjelaskan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung akan menjabarkan mengenai kondisi gambaran umum wilayah Sumatera dan kerja sama ekonomi yang dapat terbangun antara negara peserta IMT-GT guna mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di Sumatera.

Terkait untuk wilayah Bangka Belitung, Budiman menjelaskan gambaran umum di bidang pertanian, pariwisata dan Sumber Daya Manysia merupakan tiga tematik yang akan dijabarkan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dalam Working Group dengan delegasi Pemerintah Malaysia dan Thailand.

“Pertama yang kami persiapkan adalah tentang perkembangan ekonomi di Bangka Belitung khususnya yang terkait dengan sumbangan dari sektor pertanian, perkebunan serta pariwisata serta pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM)”, ungkap Budiman.

Selain kerja sama ekonomi, Budiman juga mengungkapkan melalui pertemuan tiga negara ini dapat terbangun kerjasama di lainnya seperti bidang budaya dan pendidikan.

Sumber: 
Dinas Kominfo

Berita Lainnya

19 Oct 2017 | Gorganews.com

28 Sep 2017 | Komisi Informasi...

28 Sep 2017 | Komisi Informasi...